Ahli: Cegah Diabetes 1 Sejak Bayi

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Ahli: Cegah Diabetes 1 Sejak Bayi

Ilustrasi (BBC)

Kamis, 12 Juli 2018 | 13:19

Analisadaily - Para ahli menemukan cara untuk mencegah bayi berisiko tinggi mengembangkan diabetes tipe 1.

Idenya adalah melatih sistem kekebalan bayi sejak dini dengan memberi mereka bubuk insulin untuk menawarkan perlindungan seumur hidup.

Insulin adalah hormon yang mengontrol gula darah. Orangtua diminta memberikan bubuk insulin sejak anak mereka berusia enam bulan sampai berumur tiga tahun.

Selama pemberian bubuk insulin, anak tentunya harus dipantau oleh dokter atau tim kesehatan.

Diperkirakan sekitar satu dari setiap 100 bayi memiliki gen yang menempatkan mereka pada peningkatan risiko pengembangan diabetes tipe 1.

Dilansir dari Fox News, Kamis (12/7), selama ini, untuk mengatur gula darah hanya dengan menyuntikkan insulin. Cara ini dinilai kurang efektif dan bukan untuk mencegah.

Diharapkan, bubuk insulin dapat melatih sistem kekebalan untuk mentolerir insulin secara mandiri. Diabetes tipe 1 adalah kondisi penyakit yang diderita seumur hidup.

Pankreas tidak menghasilkan insulin, menyebabkan kadar glukosa darah menjadi terlalu tinggi. Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang yang serius seperti kebutaan, penyakit kardiovaskular dan stroke.

"Cara ini mampu mencegah anak-anak dan keluarga dari diabetes dan ancaman komplikasi seperti kebutaan, ginjal atau penyakit jantung akan fantastis,” kata Dr. Matthew Snape.

"Ini adalah upaya besar, jadi kami akan mendorong perempuan yang tinggal di Tenggara untuk mengetahui lebih lanjut tentang masalah ini,” kata Dr Elizabeth Robertson, Direktur Penelitian Diabetes UK.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar