Ahli Bedah Plastik Ini Beberkan Manfaat Sunat Bagi Kesehatan

Ahli Bedah Plastik Ini Beberkan Manfaat Sunat Bagi Kesehatan

Ahli bedah plastik yang juga Owner The Clinic, dr Arya Tjipta, Sp.BP-RE

(rel/rzd)

Minggu, 1 Juli 2018 | 14:30

Analisadaily (Medan) -  Sunat atau khitan, adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis. Frenulum dari penis dapat juga dipotong secara bersamaan dalam prosedur yang dinamakan frenektomi.

Namun, tahukah Anda ternyata sunat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pria? Menurut seorang ahli bedah plastik yang juga Owner The Clinic, dr Arya Tjipta, Sp.BP-RE, manfaat yang didapatkan dari khitan bagi pria, yaitu di bagian preputium atau ujung kulit pada kelamin.

“Nah, untuk sensasi seksual bisa agak berkurang, dan akan meningkat jika preputium tersebut dalam keadaan terbuka,” kata dr. Arya saat ditemui di sela-sela kegiatan bakti sosial khitanan missal di The Clinic, Jalan Sekip, Medan Petisah, Kota Medan, Minggu (1/7).

Dijelaskan dr. Arya, manfaat khitan secara medis klinis adalah akan mengurangi risiko terjadinya kanker penis. Karena ketika sudah dikhitan, maka dipastikan sudah dalam keadaan bersih, terutama ketika buang air kecil.

“Karena kalau kondisi masih tertutup, biasanya akan tertumpuk dan bisa menjadi salah satu penyebab kanker penis,” jelasnya.

dr. Arya menerangkan, jika seorang pria tidak melakukan khitan bisa berbahaya, terutama bagi orang-orang yang memang kurang menjaga kebersihan.

“Untuk mencegahnya, memang dengan khitan akan lebih bersih, karena tidak tertutup lagi,” terangnya.

Khitanan massal di The Clinic (rzp)

Khitanan massal di The Clinic (rzp)

Disinggung mengenai teknik khitan, dr. Arya menyebut, secara teknik sebenarnya untuk proses sunat tidak jauh berbeda dari yang dahulu. Hanya perbedaan terdapat di bahan injeksi dan pada benang.

“Secara teknik bedah tergantung pada dokternya, namun secara keseluruhan tidak banyak berubah. Untuk saat ini dalam lima sampai tujuh hari sakit sudah hilang. Bahkan menggunakan laser sudah bisa langsung beraktivitas ketika selesai dikhitan,” sebutnya.

Perkembangan teknologi obat dan benang, yaitu benang dengan bahan sintetik yang berdegradasi atau hilang sempurna secara kimiawi, kemudian berubah menjadi daging.

“Jadi untuk yang ingin melakukan khitan tidak perlu khawatir, karena memang teknologi semakin berkembang, proses khitannya lebih cepat dan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan,” tandasnya.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar