Agar Bayi Mudah Tidur di Malam Hari

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Agar Bayi Mudah Tidur di Malam Hari

Ilustrasi (Web Dreaming)

Senin, 29 Februari 2016 | 09:19

Analisadaily - Semua orangtua tahu ada banyak kesulitan menidurkan bayi di malam hari. Bayi sendiri harus tidur karena jika kurang tidur dapat memiliki efek pada kesehatan. Kurang tidur dapat menyebabkan perilaku defisit, emosional dan kognitif.

Banyaknya kesulitan dalam menidurkan bayi, membuat beberapa penelitian mencari cara agar lebih mudah. Salah satu kunci agar bayi tidur lebih mudah adalah peran seorang ayah.

"Ayah adalah senjata rahasia. Ayah dapat melakukan pengantar tidur, memijat, atau menyanyikan lagu. Mereka dapat melakukan segalanya kecuali menyusui," kata seorang dokter dan penulis Healthy Sleep Habits, Happy Child, Dr. Marc Weissbluth.

Tips lain, memastikan anak-anak tidur di siang hari dengan interval tidak lebih dari dua jam. Weissbluth menyarankan kepada orangtua agar langsung menidurkan anaknya ketika mereka sudah merasa mengantuk.

Jika orangtua menjaga bayi mereka terlalu lama, mereka justru menjadi lelah dan akan mengalami kesulitan tidur. Kemudian, meningkatnya jumlah anak-anak dengan televisi di kamar tidur menjadi salah satu faktor kurang tidur.

Selama 30 tahun terakhir, persentase anak dengan TV di kamar tidur tumbuh dari 10 persen menjadi 75. DIlansir dari Fox News, Senin (29/2), sekitar 20 persen anak-anak di bawah usia 2 tahun juga memiliki TV di kamar tidur mereka.

"Jika Anda benar-benar ingin menghentikan masalah tidur, jangan letakkan TV di kamar tidur anak-anak," kata Weissbluth.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar