8 Manfaat Kesehatan Konsumsi Jus Timun

Penulis: Reza Perdana

8 Manfaat Kesehatan Konsumsi Jus Timun

(Boldsky)

Selasa, 18 Juni 2019 | 22:37

Analisadaily - Manfaat kesehatan luar biasa yang dimiliki timun sudah tidak diragukan. Timun dapat menawarkan manfaat kesehatan baik di dalam maupun di luar tubuh, ditambah kandungan vitamin K, C, dan A, serta potasium dan kalsium.

Timun juga mampu membantu mengikat bakteri di saluran pencernaan dan juga mengubahnya menjadi enterolignan. Minum jus timun membantu mengurangi potensi risiko kanker pada wanita, termasuk kanker paru-paru, rahim, dan ovarium.

Dilansir dari Boldsky, Selasa (18/6), berikut 8 manfaat konsumsi jus timun bagi kesehatan:

1. Mendetoksifikasi tubuh

Jus timun mampu menghilangkan racun tubuh karena kandungan airnya yang tinggi. Anda harus konsumsi jus timun untuk melawan batu ginjal. Asupan jus yang teratur ini dapat membantu melepaskan racun dan membuat tubuh Anda sehat.

2. Mencegah osteoporosis

Kandungan mineral seperti tembaga, magnesium, dan kalium menjadikannya bahan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang. Meminum jus timun secara teratur dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang, sehingga mencegah timbulnya osteoporosis dan gangguan tulang lainnya yang berkaitan dengan usia.

3. Mengelola kadar hormon

Kaya kalsium, jus timun tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda, tetapi juga membantu menyeimbangkan kadar hormon. Ini membantu mencegah kerusakan kelenjar pituitari dan tiroid Anda.

4. Meningkatkan sistem saraf

Seperti disebutkan di atas, jus timun dikemas dengan kandungan kalsium yang berfungsi sebagai elektrolit dan memperkuat sistem saraf Anda dan komunikasi ke otot-otot.

5. Mencegah kanker

Menurut penelitian, cucurbitacins atau senyawa bioaktif yang ada dalam timun memiliki potensi antikanker. Bahan aktif dan lignan dalam timun dapat membantu mencegah timbulnya kanker.

6. Meningkatkan penglihatan

Kandungan vitamin A, bersama dengan antioksidan lainnya membantu melindungi penglihatan Anda. Menurut International Research Journal of Farmasi dan Farmakologi, konsumsi jus timun secara teratur membantu menunda katarakogenesis atau katarak.

7. Membantu penurunan berat badan

Tanpa lemak dan karbohidrat apa pun, jus timun dapat membantu jika Anda tidak sabar ingin mengurangi berat badan. Ini adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan sambil memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

8. Melancarkan peredaran darah

Minum jus mentimun dapat membantu melancarkan peredarab darah dalam tubuh dan mempercepat penyembuhan jaringan yang rusak, karena kehadiran vitamin K.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar