8 Makanan Sehat Cegah Rambut Rontok

Penulis: Triansari Prahara

8 Makanan Sehat Cegah Rambut Rontok

Ilustrasi (Fox News)

Senin, 18 Mei 2015 | 21:09

Analisadaily – Masihkah Anda menemukan banyak rambut yang rontok saat bersisir? Tenang saja, Anda tidak sendirian. Menurut American Academy of Dermatology, rambut rontok bisa disebabkan stres atau faktor kondisi medis dan pengobatan, dan 80 juta yang mengalami kerontokan rambut biasanya karena faktor keturunan.

Kerontokan ini memang sedikit mengkhawatirkan penampilan kita sehari-hari. Sebaliknya, rambut sehat dan kuatlah yang sangat diidamkan. Perawatan biasanya dilakukan dari luar saja.

Kabar baiknya adalah saat ini Anda bisa merawat rambut dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat. Itu artinya, Anda bisa membantu merawat kesehatan rambut Anda dari dalam yakni, pola konsumsi makanan.

Cobalah 8 makanan berikut, seperti yang dipaparkan oleh Julie Revelant dalam Fox News.

1. Alpukat

Buah ini tak hanya dikenal kaya mineral, tetapi juga mempunyai kandungan tembaga yang mampu menutrisi rambut. Dr. Ellen Marmur, dokter kulit dan profesor klinis di Ichan School Of Medicine, Mount Sinai, New York City, mengatakan bahwa tembaga membangun kolagen dan elastin pada kulit yang melindungi folikel rambut.

2. Biji Labu

Kandungan zinc dalam biji labu bermanfaat sebagai faktor pendukung yang membantu pergantian sel, pembelahan sel dan pertumbuhan rambut. Marmur menjelaskan bahwa zinc juga membantu untuk membentuk keratin protein yang membentuk rambut. Tak hanya itu, zinc juga dapat epertahankan warna rambut dan mencegah ketombe.
Untuk cara menikmatinya, Anda bisa memakan biji labu ini dengan menambahkannya ke salad atau lauk. Bisa juga dinikmati sebagai camilan.

3. Kacang Kedelai

Karen Ansel, ahli gizi sekaligus penulis, mengatakan selain kaya protein, kacang kedelai juga memiliki asam amino esensial yang dibutuhkan tak hanya kesehatan tubuh, namun juga rambut Anda.

4. Sereal Gandum

Sarapan sereal gandum bergizi merupakan makanan yang memiliki sumber zat besi. Pastikan juga Anda mengkonsumsinya dengan makanan yang kaya akan Vitamin C seperti, tomat, stroberi, atau kiwi yang membantu menyerap zat besi tersebut.

Ansel menambahkan bahwa zat besi yang ada di dalam tubuh berfungsi memasok oksigen ke folikel rambut. Jika Anda tidak memenuhi asupan yang mencukupi, ini bisa jadi sebagai penyebab rontoknya rambut Anda.

5. Biji Chia

Rambut sehat ternyata juga membutuhkan lemak sehat. Karena, kekurangan lemak sehat pada rambut bisa menyebabkan kekeringan dan kerontokan. Dalam hal ini, kandungan omega 3 dalam biji chia lah penolongnya.

6. Kerang

Kerang tidak hanya lezat dijadikan bahan makanan, namun juga bergizi karena mengandung vitamin B12 yang membantu sintesis keratin. Jika Anda adalah vegetarian, sebaiknya konsumsi dalam bentuk suplemen.

7. Kacang Almond

Biotin dan vitamin B12 dalam kacang-kacangan membantu rambut untuk tumbuh dan menjaga agar kulit kepala tetap sehat. Selain kacang almond, telur dan roti yang diperkaya dengan sereal juga mengandung biotin yang tinggi.

8. Paprika

Paprika yang sarat vitamin C sangat bagus untuk pertumbuhan rambut. Marmur mengatakan bahwa hal ini berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas beracun. Anda bisa padukan paprika ke dalam salad, semur, sup, maupun lauk kesukaan Anda.

 

 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar