8 Makanan Meringankan Sembelit (Part II)

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

8 Makanan Meringankan Sembelit (Part II)

Plum (Eating Richly)

Senin, 11 Juli 2016 | 21:00

Analisadaily - Sembelit adalah suatu kondisi medis yang dapat mengarah pada konsekuensi sangat serius jika dibiarkan. Beberapa makanan bisa meringankan masalah sembelit. Makanan tersebut adalah:

1. Pisang

Banyak orang mengonsumsi pisang ketika mereka mengalami kram kaki. Selain mengatasi kram, pisang mampu meringankan sembelit. Namun tidak sembarang pisang. Jenis yang mengatasi sembelit adalah pisang yang sudah matang. Sedangkan yang tidak matang atau yang masih hijau justru membuat sembelit.

Kandungan pectin, sejenis serat yang mengubah tekstur menjadi lebih lembut dalam pisang matang dapat membantu meringankan sembelit.

2. Kiwi

Buah tropis manis dan asam ini juga bisa mengatasi masalah sembelit. Mereka yang mengalami sembelit dan mengonsumsi dua buah kiwi per harinya, dapat meringankan sembelit. Kiwi bisa dipadukan dengan sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Plum

Plum sudah dikenal lama mampu mengatasi sembelit. Orang yang mengonsumsi plum bisa mengatasi sembelit 25 persen lebih mudah dibandingkan yang tidak. Plum mengandung serat, fruktans dan sorbitol.

4. Gandum

Selain dijadikan bahan pokok roti yang bisa menyelesaikan masalah sembelit, fungsi gandum utuh tidak jauh berbeda. Hanya seperempat cangkir gandum yang mengandung 6,2 gram serat dan 31 kalori mampu mengatasi sembelit.

Dilansir dari Fox News, Senin (11/7), sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menemukan, 12 gram gandum per hari bisa lebih efektif untuk memperlancar buang air besar. Gandum juga dapat dipadukan dengan sereal sebagai sarapan.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar