6 Tanda Gejala Katarak Tahap Awal

Penulis: Reza Perdana

6 Tanda Gejala Katarak Tahap Awal

Ilustrasi (Pixabay)

Jumat, 26 Juli 2019 | 16:00

Analisadaily - Sebagian besar diderita oleh orang-orang di atas usia 40 tahun, katarak adalah salah satu jenis gangguan mata yang paling umum di dunia.

Katarak adalah pengaburan lensa kristal mata. Meskipun sering terjadi, mereka yang mengalami kondisi ini sering didiagnosis setelah menjadi parah.

Dilansir dari Asia One, Jumat (26/7), berikut adalah enam tanda Anda mungkin sedang mengarah kepada menderita katarak, seperti yang disusun oleh Reader's Digest:

1. Pandangan kabur

Pandangan buram dapat disebabkan oleh berbagai hal. Menurut Joseph Fishkin, dokter spesialis mata dan ahli bedah katarak yang komprehensif, gejala terpenting yang harus diperhatikan dalam mendeteksi katarak adalah menilai apakah kondisi lensa mata memburuk dari waktu ke waktu, menjadi keruh.

Sarannya? Konsultasikan dengan dokter Anda sesering mungkin untuk mengetahui alasan sebenarnya di balik penglihatan kabur Anda.

2. Sulit membaca

Jika mendapatkan kacamata baru tidak membantu masalah ini, maka Anda mungkin menderita katarak, yang menyebabkan protein pada lensa mata Anda mengumpul, sehingga sulit untuk membedakan cetakan kecil.

Oleh karena itu, masalah dengan pembacaan yang kabur dan penglihatan jarak jauh, kata Scott MacRae, dokter mata dan ketua Komite Kesehatan Masyarakat dengan Akademi Oftalmologi Amerika, bisa menjadi tanda-tanda katarak.

3. Persepsi tentang warna menurun

Saat mata Anda menjadi sedikit gelap, warna yang Anda lihat akan tampak pudar dan semakin tidak semarak seiring waktu.

Michael Nordlund dari Cincinnati Eye Institute mengatakan, pasien juga akan melihat segala sesuatu sebagai kekuningan, itulah sebabnya pasien yang telah menjalani operasi menganggap warna lebih cerah daripada sebelumnya, karena mereka tidak terbiasa dengan penglihatan yang jelas.

4. Sensitif terhadap cahaya

Jika cahaya redup menyengat mata, Anda mungkin menderita katarak. Sensitivitas tinggi terhadap semua sumber cahaya, termasuk lampu, lampu depan dan Matahari, adalah tanda umum dari kondisi tersebut.

Menurut dokter mata James Schumer, katarak mengganggu bagaimana perjalanan cahaya ke bagian belakang mata.

5. Susah berkendara pada malam hari

Mengemudi di malam hari bisa berbahaya bagi seseorang yang menderita katarak, karena kondisinya membuat menyeimbangkan kegelapan malam dengan lampu lalu lintas yang terang menjadi sulit.

Shoshana Ungerleider, dokter penyakit dalam di California Pacific Medical Center Sutter Health, mengatakan membaca rambu-rambu jalan juga terbukti menyulitkan pasien.

6. Penglihatan ganda

Dikenal sebagai diplopia, penglihatan ganda adalah gejala penting lain dari katarak.

Ketika ukuran katarak bertambah, kata Dean Hart, dokter mata dan profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Columbia, lensa yang keruh memburuk, mengganggu cara cahaya melewati. Jika hanya satu mata yang menderita, penglihatan ganda dapat terjadi.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar