5 Manfaat Kesehatan dari Alpukat

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Triansari Prahara

5 Manfaat Kesehatan dari Alpukat

Alpukat (Yahoo Health)

Rabu, 17 Juni 2015 | 11:41

Analisadaily - Sebelumnya kita sudah membahas bahwa Alpukat memiliki kemampuan untuk menghancurkan sel kanker, Leukimia.

Dilansir dari Besthealthmag, ada beberapa manfaat yang tersembunyi dalam buah alpukat yang baik untuk tubuh Anda :

1. Alpukat baik untuk kesehatan mata

Alpukat merupakan sumber dari lutein, suatu karotenoid yang bekerja sebagai antioksidan dan membantu melindungi mata terhadap penyakit mata. Alpukat juga mengandung karotenoid seperti zeaxanthin, alpha-karoten dan beta-karoten, serta tokoferol (vitamin E). 

2. Alpukat bantu turunkan berat badan

Setengah alpukat mengandung 3,4 gram serat, termasuk larut dan tidak larut, yang keduanya dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem pencernaan berjalan lancar. Serat larut berfungsi memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh Anda dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Alpukat juga mengandung asam oleat, lemak yang membuat Anda merasa kenyang. Lemak tak jenuh sehat yang mengandung asam oleat telah terbukti menghasilkan perasaan lebih kenyang dibandingkan lemak jenuh tidak sehat dan lemak trans yang ditemukan dalam makanan olahan.

3. Alpukat bantu stabilkan gula darah

Alpukat dapat membantu menjaga gula darah Anda. Diet tinggi lemak baik bahkan dapat membantu membalikkan resistensi insulin, yang membuat kadar gula darah stabil. Cobalah menempatkan alpukat tumbuk pada sandwich sebagai pengganti mentega. 

4. Alpukat dapat melindungi janin dan jantung

Satu cangkir alpukat menyediakan hampir seperempat dari asupan harian yang direkomendasikan dari folat, yang mengurangi risiko cacat lahir.  Asupan folat yang tinggi juga dikaitkan dengan rendahnya risiko serangan jantung dan penyakit jantung.

5. Alpukat bantu menurunkan kolesterol

Asam oleat dalam alpukat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Dalam satu studi, individu dengan diet kaya buah alpukat memiliki penurunan yang signifikan dalam kadar kolesterol total, termasuk penurunan kolesterol LDL. 

Tingkat mereka kolesterol HDL (jenis sehat) meningkat sebesar 11 persen. Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar