40 Persen Kanker Disebabkan Kelebihan Berat Badan

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

40 Persen Kanker Disebabkan Kelebihan Berat Badan

Ilustrasi (Fox News)

Kamis, 5 Oktober 2017 | 10:43

Analisadaily - Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan data terbaru tentang penderita kanker. CDC menyatakan, 40 persen penderita kanker disebabkan karena kelebihan berat badan dan obesitas.

"Mayoritas orang dewasa mengalami kelebihan berat badan. Padahal, kelebihan berat badan atau obesitas membuat orang berisiko lebih tinggi terkena berbagai jenis kanker. Ini harus menjadi perhatian bagi semua orang. Menjaga berat badan yang sehat merupakan hal yang diutamakan,” kata Direktur CDC, Brenda Fitzgerald.

Masyarakat tidak menyadari adanya hubungan antara obesitas dan kanker. Di tahun 2014, ada 630.000 orang didiagnosis kanker karena obesitas. Diketahui dari Fox News, Kamis (05/10), penderita kanker karena obesitas terus bertambah sebanyak 7 persen setiap tahunnya.

Dari semua penderita kanker, hampir 55 persen kasus dialami perempuan obesitas dan 24 persen kasus terjadi pada laki obesitas. Kasus-kasus ini secara statistik mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua, kebanyakan berusia antara 50 dan 74 tahun.

International Agency for Research on Cancer (IARC) mengidentifikasi, beberapa jenis kanker terkait obesitas dan kelebihan berat badan adalah meningioma, multiple myeloma, adenokarsinoma esofagus, dan kanker tiroid.

Kemudian kanker payudara pasca menopause, kantong empedu, perut, hati, pankreas, ginjal, ovarium, rahim, kolon dan rektum (kolorektal).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar