4 Jenis Makanan Super yang Ditemukan Sehari-hari

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

4 Jenis Makanan Super yang Ditemukan Sehari-hari

Ilustrasi (Natures Way)

Sabtu, 17 Maret 2018 | 11:58

Analisadaily - Makanan super atau biasa dikenal dengan istilah superfood bukan sekadar istilah untuk ahli gizi. Beberapa jenis makanan memang memiliki sejumlah manfaat yang dapat membuat tubuh lebih baik dalam menghindari penyakit, hingga memenuhi kebutuhan tubuh sehar-hari.

Kebanyakan orang memikirkan makanan berdaun hijau sebagai makanan super. Padahal tidak. Setidaknya, ada empat makanan super yang bisa ditemukan dengan mudah untuk dikonsumsi sehar-hari. Antara lain:

Kacang pecan

Kacang jenis ini sebenarnya mengandung antioksidan dan mineral. Kaya akan vitamin E, senyawa yang melawan radikal bebas dan dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, penyakit hati berlemak, katarak, diabetes tipe 2 dan jenis kanker tertentu.

Anda bisa mengonsumsi kacang dengan yogurt atau sereal di pagi hari. Anda juga bisa mengonsumsinya dengan ikan atau roti untuk meningkatkan nilai gizi.

Gandum

Siapa yang tidak mengenal gandum. Seluruh bagian gandum dipenuhi protein dan telah terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2, menurunkan kolesterol jahat dan membantu mengendalikan tekanan darah.

"Gandum memiliki jenis serat tertentu yang disebut beta glucans. Serat ini adalah serat larut untuk membantu mencegah penyakit jantung," kata Krieger, seorang ahli gizi.

Kefir

Yogurt jenis kefir sedang tren belakangan ini. Kefir, kombinasi bakteri dan fermentasi ragi, kaya nutrisi dan probiotik, dan menjadi makanan super bermanfaat untuk pencernaan dan kesehatan usus.

"Saya sarankan mencoba mengonsumsi jenis makanan kaya probiotik setiap hari dan kefir adalah salah satu yang paling lezat. Kefir sangat mirip dengan yogurt dan bisa diminum," lanjutnya, seperti dilansir dari Fox News, Sabtu (17/3).

Nila

Ikan Nila bukan ikan yang sering dikonsumsi masyarakat. Padahal, Nila mengandung protein dan rendah kalori. 3,5 ons Nila memiliki 26 gram protein dan 128 kalori.

Nila sangat bagus karena dikemas dengan mineral dan protein tanpa lemak. Orang yang makan dua porsi ikan seminggu lebih sehat daripada orang yang tidak memakannya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar