39 Persen Penderita Demensia Disebabkan Alkohol

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

39 Persen Penderita Demensia Disebabkan Alkohol

Alkohol (Fox News)

Jumat, 9 Maret 2018 | 13:36

Analisadaily - Lebih dari 1 juta orang didiagnosis menderita demensia. Sekitar 5 persen pasien demensia mengalami demensia onset awal yang dimulai sebelum usia 65 tahun, dan sebagian besar kasus ini berhubungan dengan alkohol.

"Minum alkohol adalah faktor risiko yang paling penting pada demensia bagi wanita atau pun pria," kata peneliti utama, Dr. Michael Schwarzinger, CEO Translational Health Economics Network dan seorang peneliti di INSERM-Universite Paris Diderot, Sorbonne Paris Cite di Prancis.

"Temuan ini didukung dengan ditemukannya kerusakan otak ireversibel pada peminum," kata Schwarzinger dilansir dari Fox News, Jumat (9/3).

Tercatat, sekitar 39 persen kasus demensia disebabkan oleh kerusakan otak terkait alkohol, dan 18 persen lainnya terkait dengan gangguan penggunaan alkohol lainnya.

Gangguan penggunaan alkohol dikaitkan dengan tiga kali risiko demensia dan dua kali risiko kasus onset dini.

Penggunaan alkohol juga terkait dengan penyakit lainnya, seperti  tekanan darah tinggi, diabetes, depresi, dan gangguan pendengaran.

"Tujuh gelas minuman per hari pada pria dan lima minuman per hari pada wanita berbahaya bagi otak. Tingkat konsumsi alkohol yang disarankan seharusnya lebih rendah dari ini.”

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar