14 Kasus Ebola Baru Ditemukan di Kongo

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

14 Kasus Ebola Baru Ditemukan di Kongo

Masyarakat Kongo (Fox News)

Senin, 21 Mei 2018 | 11:35

Analisadaily - Ada 14 kasus Ebola baru yang dikonfirmasi di wilayah Kongo. Dari 14 kasus, satu kasus terjadi di Kota Mbandaka. Lainnya berada di wilayah Bikoro.

Organisasi Kesehatan Dunia mengadakan, pertemuan darurat, sudah digelar dan menyatakan Kongo berisiko tinggi menyebarkan Ebola kembali dalam beberapa waktu ke depan.

Situasi semakin sulit karena tidak ada pembatas antara negara tetangga. Sebab, Republik Kongo dan Republik Afrika Tengah berada berdekatan.

"Ini adalah perubahan besar yang utama selama wabah terjadi," kata Dr. Peter Salama, kepala tanggap darurat WHO dilansir dari Fox News, Senin (21/5).

Pencegahan dilakukan dengan mengirimkan vaksin. Lebih dari 4.000 dosis telah tiba di Kongo minggu ini dan akan dikirim lebih banyak lagi dalam satu minggu ke depan.

Salah satu tantangannya adalah bagaimana menjaga vaksin tetap dingin di wilayah dengan infrastruktur yang buruk dan listrik yang sulit.

Sampai saat ini, wabah telah terbatas pada daerah pedesaan terpencil, di mana Ebola, yang menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh mereka yang terinfeksi, berjalan lebih lambat.

Doctors Without Borders mengatakan 514 orang diyakini telah melakukan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

WHO juga telah mengirimkan 30 ahli ke wilayah Mbandaka untuk mendeteksi masyarakat yang sudah melakukan kontak langsung dengan pasien.

Ini adalah wabah Ebola kesembilan di Kongo sejak tahun 1976, ketika penyakit ini pertama kali diidentifikasi. Virus awalnya ditularkan kepada orang-orang dari hewan liar, termasuk kelelawar dan monyet.

Tidak ada perawatan khusus untuk Ebola. Gejala termasuk demam, muntah, diare, nyeri otot dan kadang-kadang pendarahan internal dan eksternal. Virus dapat berakibat fatal hingga 90 persen pada keselamatan pasien.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar