100 Ribu Warga Yaman Didiagnosa Kolera

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

100 Ribu Warga Yaman Didiagnosa Kolera

Wabah korela terjadi di Yaman (BBC)

Minggu, 11 Juni 2017 | 13:18

Analisadaily - World Health Organization (WHO) menyebut, jumlah kasus wabah kolera di Yaman telah mencapai 100.000. Sebanyak 798 telah meninggal karenanya. Penyakit ini telah tercatat mewabah di 19 dari 22 provinsi sejak 27 April.

Badan amal Oxfam menilai, epidemi tersebut menewaskan satu orang hampir setiap jamnya. Sistem kesehatan, air dan sanitasi di Yaman menjadi penyebab utamanya.

Pasokan air disana terus berkurang setelah dua tahun terjadi perang antara pasukan pemerintah dan gerakan pemberontak Houthi.

Kolera adalah infeksi diare akut yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi bakteri Vibrio cholera.

Dilansir dari BBC, Minggu (11/6), PBB Office for the Co-ordination of Humanitarian Affairs (OCHA) mengatakan, epidemi seperti ini adalah epidemic skala besar yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dalam empat minggu terakhir, jumlah kematian tiga kali lebih tinggi dari yang dilaporkan antara bulan Oktober 2016. Keadaan semakin sulit karena lebih dari setengah fasilitas kesehatan negara tidak berfungsi lagi.

Risiko penyebaran epidemi semakin meningkat pada musim hujan, kerawanan pangan dan kekurangan gizi juga meluas.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar