10 Kegunaan Lemon yang Wajib Anda Ketahui

Penulis: Lely Novita

10 Kegunaan Lemon yang Wajib Anda Ketahui

Lemon (Berbagai Sumber)

Jumat, 21 Agustus 2015 | 07:35

Analisadaily - Siapa yang tidak kenal Lemon? Lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa digunakan sebagai penyedap atau penyegar makanan dan minuman.

Lemon tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk membuat limun atau mempercantik tampilan hidangan saja. Selain bermanfaat bagi kesehatan, lemon juga memiliki banyak kegunaan lain yang ternyata sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.

Berikut beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui untuk mendapatkan hasil maksimal dari buah berwarna kuning ini, sebagaimana dilansir dari Times of India :

-  Jika Anda memiliki masalah hama di rumah, hanya dengan meletakkan irisan lemon di celah-celah, kusen jendela, pintu dan lubang dapat mengusir semut, kecoak dan kutu. Aroma lemon dapat membuat serangga menjauh.

-  Kulit lemon dapat membantu menghilangkan bau tak sedap dari kulkas. Letakkan kulit lemon sepanjang malam di kulkas Anda. Jauh lebih baik jika Anda selalu meletakkan irisan lemon di lemari es Anda.

-  Anda dapat membuat sayuran berwarna putih tetap putih selama dimasak dengan mencampurkan 1 sdt perasan lemon segar sebelum mulai memasak.

-  Untuk menghilangkan deposit mineral yang terkandung di dalam pressure cooker atau ketel teh, Anda dapat membersihkannya dengan mengisikan air yang ditambahkan segenggam irisan tipis kulit lemon dan kemudian dididihkan. Setelah dingin, buang air rebusan dan bilas dengan air keran. Maka peralatan masak Anda akan terlihat bersinar seperti baru.

-  Lemon adalah penghilang noda yang baik. Cukup dengan menggosokkan setengah potongan lemon pada noda, lalu diamkan pakaian Anda selama satu malam. Setelahnya, cuci seperti biasa dan noda akan hilang dari baju kesayangan Anda.

-  Minum 2 sdm jus lemon sebelum makan dan sebelum tidur dapat mengurangi gejala asma.

-  Campuran lemon dan garam dapat digunakan sebagai semir untuk peralatan kuningan atau tembaga. Caranya, oleskan campuran tersebut pada peralatan Anda dan kemudian bilas dengan air hangat, maka peralatan Anda akan semakin 'kinclong'.

-  Untuk menyegarkan daun selada yang sudah layu atau basah, cukup rendam selada ke dalam air dingin yang dicampur dengan setengah air lemon. Dinginkan di kulkas selama satu jam, kemudian angkat dan keringkan sebelum digunakan.

-  1 sdm jus lemon dapat bertindak sebagai desinfektan alami untuk membersihkan buah-buahan dan sayuran dari pestisida.

-  Lemon juga dapat dijadikan sebagai pembersih papan pemotong/talenan Anda. Gosokkan bagian talenan yang digunakan untuk pemotong dengan setengah potongan lemon, kemudian cuci seperti biasa.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tags :

#Lemon

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar