10 Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes

Penulis: Reza Perdana

10 Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes

Buah (Pixabay)

Senin, 27 Mei 2019 | 14:47

Analisadaily - Penderita diabetes harus sangat berhati-hati dalam menyiapkan grafik diet mereka. Ada beberapa makanan yang bisa dialami penderita diabetes tanpa khawatir. Namun, ada sebagian besar makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah mereka.

Sama halnya dengan buah. Berkali-kali, kita telah diberitahu bahwa buah-buahan dan sayuran adalah lambang kesehatan dan tidak ada yang bisa mengalahkan bahan-bahan alami ini ketika datang ke diet sehat.

Namun, orang yang menderita diabetes menghadapi pembatasan dalam hal ini, karena kandungan gula dalam buah-buahan dapat memiliki efek buruk yang parah.

Dilansir dari Boldsky, Senin (27/5), berikut buah terbaik untuk penderita diabetes:

1. Grapefruit

Sekitar 91 persen buahnya adalah air. Jeruk bali kaya akan vitamin C, memiliki indeks glikemik 25 dan memiliki jumlah serat larut yang tinggi. Grapefruit juga termasuk naringenin yang merupakan flavonoid yang meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin. Makanlah sekitar setengah grapefruit setiap hari untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali.

2. Stroberi

Berry ini sarat dengan vitamin, antioksidan dan serat yang membantu Anda mengendalikan diabetes. Selain itu, stroberi memiliki indeks glikemik 41 dan rendah karbohidrat. Stroberi menjaga perut Anda kenyang, membuat Anda tetap berenergi dan membantu Anda menyeimbangkan kadar gula darah Anda. Makan sekitar ¾ cangkir stroberi setiap hari dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

3. Jeruk

Kaya serat, rendah gula, tinggi vitamin C dan tiamin, mengkonsumsi jeruk akan membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Mereka memiliki 87 persen kadar air dan memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Jeruk juga membantu Anda mengendalikan berat badan. Ambil jeruk setiap hari untuk mengendalikan diabetes Anda. Ia memiliki indeks glikemik 44.

4. Ceri

Dengan indeks glikemik rendah 22, kaya akan vitamin C, antioksidan, zat besi, beta-karoten, kalium, folat, magnesium dan serat, ceri sangat bermanfaat untuk diabetes. Selain itu, ceri penuh dengan anthocyanin yang diyakini dapat menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin hingga lima puluh persen. Anda bisa makan ceri dalam bentuk segar. Mengkonsumsi 1 cangkir ceri dalam sehari bisa sangat membantu menjaga diabetes tetap terkendali.

5. Apel

Kaya Vitamin C, serat larut dan antioksidan, apel dapat membantu Anda mengendalikan diabetes. Mereka juga mengandung pektin yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda dan mengurangi kebutuhan insulin pada penderita diabetes sekitar tiga puluh lima persen. Dan memiliki indeks glikemik rendah 38.

6. Pear

Memiliki 84 persen kadar air; pir berlimpah dengan serat dan vitamin yang membantu menjaga kadar gula darah di bawah kendali. Pir dianggap sangat bermanfaat bagi diabetes karena membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan tingkat glikemik rendah pada 38. Anda dapat mengonsumsi buah pir kecil setiap hari untuk memuaskan keinginan manis Anda.

7. Plum

Selain rendah kalori, prem juga rendah dalam indeks glikemik. Plum adalah sumber serat yang kaya yang membuatnya menjadi buah yang ideal untuk penderita diabetes dan jantung. Karena banyak pasien diabetes menderita sembelit, ini membantu meningkatkan sistem pencernaan dan menyembuhkan sembelit. Ini memiliki indeks glikemik sangat rendah dari 24.

8. Alpukat

Lemak sehat dan kalium dalam alpukat membuatnya bermanfaat bagi penderita diabetes. Alpukat juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh. Ini memiliki indeks glikemik yang sangat rendah yaitu 15.

 9. Nectarine

Ini adalah buah jeruk lain yang dapat dimiliki oleh penderita diabetes. Nektarin memiliki indeks glikemik rendah, yang membantu mengurangi kemungkinan diabetes tipe-2. Ini memiliki indeks glikemik rendah 30.

10. Buah persik

Buah ini memiliki indeks glikemik rendah dan tinggi kandungan serat. Juga, antioksidan dan vitamin yang ada dalam buah persik membuatnya sangat baik untuk pasien diabetes. Ini memiliki indeks glikemik rendah 28.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar